Kuliah Kerja Lapangan Biologi 2009

Posted on 12/24/2010 09:36:00 AM


Rabu, 8 desember 2010 merupakan hari yang bersejarah bagi biologi 2009. Kuliah Kerja Lapangan yang diadakan pada tanggal 8 sampai 10 tersebut dilaksanakan untuk melengkapi praktikum mata kuliah Taksonomi Tumbuhan. Selain itu juga sebagai sarana pengakraban angkatan 2009. Rabu siang, peserta berkumpul di depan gedung Pusat Komputer (Puskom) UNS. Peserta dibagi menjadi dua bis,yaitu bis A dan bis B. Keberangkatan dimulai pukul 14.00 WIB. Perjalanan sangatlah panjang, berbagai macam cara dilakukan peserta untuk mengusir kebosanan di dalam bis.Jam 8 malam peserta diarahkan untuk makan malam.

Setelah 14 jam perjalanan akhirnya peserta diistirahatkan di masjid Istiqlal Jakarta untuk mandi dan shalat Subuh. Jam 6 pagi peserta sarapan dan kemudian mulai berangkat ke lokasi pertama yaitu LIPI Cibinong.
Sekitar jam 8 pagi peserta telah sampai di lokasi. Pertama-tama semua peserta dikumpulkan dan diberi pengarahan di dalam ruangan. Setelah itu peserta diajak berkeliling gedung dan dijelaskan tentang pembuatan herbarium. Jam 12 siang peserta bertolak dari LIPI menuju ke lokasi selanjutnya. Sekitar jam 1 siang peserta tiba di Herbarium Bogoriense. Disana ditemukan berbagai macam barang-barang yang terbuat dari tanaman dan tersebar di seluruh Indonesia. Waktu yang cukup singkat, jam 2 siang peserta harus selesai dan menuju lokasi selanjutnya. Jam 3 Sore, peserta telah sampai di Kebun Raya Bogor. Tempat dimana para peserta ditugaskan untuk mencari berbagai macam spesies tanaman untuk dijadikan herbarium.Para peserta diajak berputar-putar oleh bapak Marsusi yang akan menjelaskan deskripsi masing-masing tanaman yang dijumpai. Beberapa tanaman unik antara lain bunga bangkai dan teratai raksasa. Dan akhirnya waktu menunjukkan pukul 18.00, dan menuju tempat peristirahatan, yaitu di asrama haji jakarta. Pagi hari, Pukul 07.00 peserta harus check out dari penginapan dan menuju ke lokasi terakhir yaitu Kebun Raya Cibodas. Sebelumnya para peserta sarapan terlebih dahulu. Pukul 9.30 peserta telah sampai di lokasi.

Seperti di Kebun Raya Bogor, peserta ditugaskan untuk mencari dan mengumpulkan beberapa spesies tanaman untuk herbarium. Medan yang naik turun membuat peserta kelelahan. Karena memang Kebun Raya ini berada didaerah pegunungan. Pukul 11.30 peserta harus kembali karena peserta laki-laki harus mununaikan shalat Jumat. Seusai shalat hujan turun, perjalanan ke puncak pangrango dibatalkan. Oleh karena itu peserta harus meninggalkan lokasi.
Dalam perjalanan pulang, para peserta diturunkan di berbagai tempat untuk membeli oleh-oleh, antara lain manisan Parahyangan dan Pusat sepatu cibaduyut. Perjalanan panjang dimulai kembali. dan akhirnya peserta tiba kembali di kampus tercinta pukul 6 pagi. Sungguh sebuah perjalanan yang sangat mengesankan. Berharap bisa kembali ke tempat itu lagi, bukan hanya belajar, namun bersenang senang :-)

Posted in , ,

1 Response to "Kuliah Kerja Lapangan Biologi 2009"

ghuncha Says:

KKL menyenangkan sekaligus menegangkan ,, nuwun sewu nuwun sewuu haha

Posting Komentar