Para Ahli Kerangka dan Otot

Posted on 4/13/2010 11:08:00 PM



[Para Ahli Kerangka dan Otot] Para Ahli Kerangka dan Otot

Kompas.com - Dalam dunia kedokteran, masalah dan gangguan pada sistem muskuloskeletal (otot, tulang, ligamen dan tendon, yang memungkinkan kita melakukan berbagai gerakan) ditangani pakar di bidangnya masing-masing. Siapa saja mereka?

Ahli rematik, reumatologis (dr.Sp.PD) Reumatolog atau ahli rematik adalah dokter yang mendapat pendidikan khusus tentang cara mendiagnosis dan merawat penyakit yang berhubungan dengan otot dan persendian terutama peradangan atau penyakit autoimun seperti artritis reumatoid atau lupus eritematosus.

Ahli ortopedi, ortopedis Seorang ahli ortopedis adalah ahli bedah yang mendapat pelatihan khusus mengelola kelainan bagian tubuh yang dapat digerakkan termasuk kerangka, persendian, otot, ligamen dan tulang rawan. Seorang ahli ortopedi dapat menentukan apakah diperlukan pembedahan atau tidak.

Ahli fisik (fisiatris) Mereka adalah spesialis pengobatan fisik dan rehabilitasi, untuk semaksimal mungkin mengembalikan atau memperbaiki fungsi persendian, otot, dan anggota tubuh yang cedera atau rusak. Para fisiatris juga melatih cara menjaga kondisi sistem muskuloskeletal dan melindungi persendian dari cedera lebih lanjut. Fisiatris berperan merawat cedera yang tidak melewati pembedahan.

Terapi fisik (fisioterapis) Fisioterapis adalah profesional berserfitikat yang memembuat program - termasuk latihan terapi serta cara mengelola nyeri - sehingga dapat dilakukan rehabilitasi atau penyembuhan setelah terjadinya cedera atau menderita sakit. Terapis fisik bukanlah dokter dan mereka tidak memiliki wewenang menulis resep.

Terapis okupasi Terapis okupasi adalah profesional bersertifikat yang khusus menangani fungsi anggota tubuh bagian atas. Terapis okupasi seringnya bekerja sama dengan fisioterpis. Terapis okupasi memberi pelatihan untuk gerakan sehari-hari tubuh bagian atas setelah terjadinya cedera.

0 Response to "Para Ahli Kerangka dan Otot"

Posting Komentar